[K-DRAMA] ROMANTIC DOCTOR TEACHER KIM (2016): Ketika Diskriminasi Terjadi Di Rumah Sakit

romantic_doctor_teacher_kim-p1

Kembali mengangkat tema berlatar belakang kehidupan di rumah sakit, Romantic Doctor Teacher Kim hadir menawarkan cerita yang menarik tentang dunia medis. Drama seri ini menyoroti kehidupan para dokter, senioritas dalam hubungan pekerjaan antar para dokter, juga ketidakadilan dalam dunia medis dan diskriminasi yang kadang ditemui dalam pengobatan pasien. Serta diskriminasi yang juga terjadi diantara dokter yang berjuang dengan kemampuan sendiri dan dokter memiliki koneksi hubungan keluarga dengan petinggi rumah sakit.

Memasuki episode ke-6 minggu ini dan ceritanya semakin seru. Jujur pertama kali nonton episode pertama agak bingung dan bertanya-tanya tentang sosok Teacher Kim yang disebut-sebut di judul drama seri ini. Namun setelah rajin nonton secara kontinyu baru terungkap betapa kerennya drama seri ini. Yang menarik adalah tiap karakter memiliki latar belakang dan masa lalu masing-masing yang turut mempengaruhi motif tiap karakter di masa kini.

Di episode pertama akan diceritakan mengenai masa lalu seorang dokter magang bernama Kang Dong Joo (Yoo Yeon-Seok) yang ketika kecil harus melihat ayahnya meninggal dengan matanya sendiri. Lantaran dokter disana lebih mengutamakan mengurus pasien lain dibandingkan ayahnya yang datang terlebih dahulu. Namun justru karena kejadian itulah yang membuatnya berambisi menjadi dokter lebih baik dibanding dokter yang dahulu lalai menangani ayahnya.

romantic01-00001aa

Sementara itu di masa internnya, Dong Joo bertemu dengan Yoon Seo Jung (Seo Hyun-Jin) seorang dokter residen yang sangat total dalam pekerjaannya. Namun sayang pertemuan itu terjadi singkat karena kemudian Seo Jung menghilang dari rumah sakit setelah kecelakaan yang dialaminya yang  mengakibatkan tunangannya meninggal.

Berselang lima tahun kemudian, Dong Joo akhirnya berhasil menjadi dokter bedah dan lulus tes dengan nilai tertinggi. Sampai akhirnya ia dihadapkan pada sebuah operasi yang mengantarkannya pada sebuah kegagalan. Pasien yang ia tangani meninggal di meja operasi. Kejadian itu mengakibatkannya dipindahtugaskan ke RS Doldam, sebuah rumah sakit di daerah terpencil dengan peralatan medis yang seadanya.

romantic-4-10

Tak disangka ternyata kepindahannya ke RS Doldam membuatnya bertemu kembali dengan Yoon Seo Jung yang ternyata telah lama bekerja sebagai dokter disana. Kecelakaan yang dialami Seo Jung lima tahun lalu membuatnya bersalah dan trauma karena tunangannya meninggal saat itu. Serta karena kecelakaan tersebut mengakibatkan tangan Seo Jung tak lagi dapat digunakan secara maksimal bagi profesinya sebagai dokter bedah.

Di RS Doldam inilah mulai terungkap siapa Guru Kim yang disebut-sebut di judul film ini. Dia merupakan dokter ahli bedah yang bekerja di RS Doldam. Kedua dokter muda tadi Dong Joo dan Seo Jung yang sama-sama memiliki masa lalu yang pahit akan belajar banyak dari Guru Kim tentang menjadi dokter yang mengabdi demi kepentingan pasien juga tentang hidup dan memperlakukan orang lain. Bukan menjadi dokter yang baik melainkan dokter yang dibutuhkan pasiennya.

romantic03-00025

Guru Kim sendiri sosoknya memang sengaja disembunyikan karena akan berkaitan dengan masa lalunya yang pahit hingga mengharuskannya bekerja di rumah sakit terpencil ini. Masa lalunya tersebut akan diungkap di beberapa episode selanjutnya. Juga bagaimana akhirnya dokter ahli bedah hebat sekelas Guru Kim akhirnya bisa berakhir di rumah sakit kecil tersebut. Ditambah dengan ikut campur orang-orang dari rumah sakit pusat menambah menarik dan menambah rumit cerita drama seri ini. Juga adegan operasi dengan pasien yang kondisinya parah bersimbah darah turut seru untuk ditonton.

Nezar Ray | 24/11/2016

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s