Tentang Mimpi dan Hidup

Live_Your_Dream

Semua orang pasti mempunyai mimpi, tentang sesuatu yang ingin mereka wujudkan. Mimpi, suatu hal yang tak kasat mata, tak berbentuk namun memiliki kekuatan untuk menggerakkan. Mimpi bersemayam dalam angan yang mampu menggerakkan manusia untuk tetap berlari dalam jalurnya. Mimpi juga yang membuat kita masih bersemangat hidup. Mimpi memberikan harapan bahwa segala hal yang kita perjuangkan kini suatu saat akan membuahkan hasil yang nyata. Hasil itulah yang adalah realisasi mimpi yang selama ini kita bayangkan dan ingin wujudkan.

Mimpi adalah tujuan yang ingin kita gapai. Tentang hidup dan memiliki mimpi adalah kesatuan yang tak terpisahkan. Memang mimpi tak berbentuk, tak dapat disentuh dan tak nyata, akan tetapi mimpi dipercayai untuk diwujudkan. Setiap orang memercayai mimpinya bahwa suatu saat ia akan berdiri tegap dalam realisasi mimpi yang semula abstrak dalam angan kemudian menjadi kenyataan yang absolut. Mimpi adalah suatu motivasi yang dapat menggerakkan kita untuk berproses mewujudkan suatu tujuan.

Perjalanan menuju mimpi tidak mudah, kita akan dihadapkan pada segala rintangan yang menguji kesabaran. Di jalan akan dicemooh orang, ditertawakan perihal mimpi yang kita genggam. Lalu bukan tidak mungkin kita akan jatuh, tidak sekali tapi berkali-kali. Namun lagi-lagi mimpi itu yang akan menguatkan kita agar tetap fokus pada tujuan. Tidak menyerah dan tetap gigih meraihnya.

Berhadapan pada kegagalan bukanlah akhir dari segalanya. Namun itulah momen dimana kita akan belajar dari kegagalan tersebut. Kemudian bersabar, menentukan langkah berikutnya agar tidak gagal pada kedua kalinya. Justru kegagalan itu yang akan menguatkan kita. Tidak menyerah melainkan bangkit dan tetap berjalan. Siklus tersebut yang kita sebut dengan proses. Perjalanan meraih mimpi dan segala proses yang kita jalani tersebut merupakan bagian dari hidup.

Tidak ada hidup yang mudah. Dinamakan hidup, karena memang itu sulit. Beberapa ada yang memutuskan untuk mengakhiri hidupnya karena beban hidup yang begitu berat dipikul hingga mereka tidak kuat. Sesekali jatuh lalu merasa diri sendiri tidak berguna. Namun saat itu pula kita harus segera bangkit dan tersenyum menghadapi semuanya.

Temukan kembali motivasi awal alasan kita hidup. Lepaskan sejenak beban di bahu, perhatikan lingkungan sekitar, bernafas perlahan, melambatlah dan pandanglah dunia bahwa semua akan baik-baik saja. Tiada yang instan, segala mimpi memerlukan proses. Bersabar, nikmati hidup sebahagia mungkin dan tetap berjalanlah pada jalur. Pada akhirnya semua akan indah pada waktunya.

Nezar Ray | 10/09/2018

Iklan

[BUKU] Ubur-Ubur Lembur

Baru aja selesai baca buku ‘Ubur-Ubur Lembur’ karangan Raditya Dika dan suka sekali dengan cara penyampaian ceritanya yang santai dan tidak berbelit-belit. Sebenarnya dari semua bukunya Raditya Dika, baru buku ini yang saya niatin beli dan baca. Jujur awalnya saya nggak begitu tertarik dengan karyanya Radit, karena hampir semua karyanya selalu tentang cinta-cintaan. Baru saat dia membuat film Hangout, Raditya Dika mulai menyita perhatianku. Mulai dari situ, saya mulai ngikutin semua perkembangan tentang dia.

Hingga akhirnya saat dia ngeluarin buku ini, saya niatin beli buku ini. Pengen tau aja seberapa bagus sih bukunya, kok sampe banyak yang suka buku-buku tulisan dia. Ternyata memang bagus kok tulisannya. Cara penyampaiannya santai, saya bacanya berasa seperti dibacain langsung sama dia. Setiap bab sarat akan komedi (yaiyalah namanya juga buku komedi), walaupun ada beberapa jokes yang udah pernah saya denger dari dia ketika di tv atau pun youtube.

Dia nggak segan menceritakan kisah terburuk hingga memalukan yang pernah dialaminya ketika masih kecil. Hingga pada akhirnya saya pun beranggapan kalau ternyata dia waktu kecil polos banget. Bayangin aja masa berkali-kali dia hampir kena rampok/palak orang. Bahkan ketika dia SMA dia pernah dipalak anak SMP di mall. Tapi dari cerita menyedihkan itu, ia mampu mengemasnya menjadi komedi. Yang saya salut padanya yaitu karena ia berani menertawakan hal yang mungkin untuk sebagian orang adalah memalukan. Bagusnya adalah buku ini nggak melulu soal komedi, kadang juga dia menyisipkan beberapa hal tentang kehidupan. Ceritanya fresh tapi nggak jauh-jauh dari kehidupan kita.

Awalnya agak aneh aja, kenapa diberi judul ubur-ubur. Maksudnya dari berbagai spesies binatang yang ada di bumi kenapa mesti ubur-ubur dan kenapa juga lembur. Saya baru dapat jawabannya di bab terakhir, disana dijelaskan filosofinya ubur-ubur dan juga kenapa lembur. Mendingan baca sendiri deh biar gue nggak spoiler banget. Semua bab kental banget komedinya, hanya di bab terakhir entah kenapa aku merasa bab itu lebih membangkitkan semangat. Di bab terakhir itu, dia menceritakan proses bagaimana dia akhirnya memutuskan menjadi penulis hingga akhirnya berada pada posisi sekarang ini.

Buku ini bisa dibaca dimana aja, lagi di ruang tunggu atau pun lagi di tengah keramaian pun tetap bisa dinikmati dengan baik. Bahasanya ringan jadi nggak perlu terlalu mikir untuk memahaminya. Dan yang pasti menghadirkan tawa, cocok untuk kamu yang ingin melepaskan beban sejenak dari rutinitas yang melelahkan.

CAT STORY: Kisah Tumbuh Kembang Dua Anak Kucing

Setelah video prolog Cat Story di youtube, akhirnya saya masuk pada episode pertama dua anak kucingku yang lucu. Video ini berfokus pada tumbuh kembang dua anak kucing yang kuberi nama Cookie dan Bisty. Cookie si coklat belang berekor panjang yang sangat manja dan suka dielus. Sementara Bisty adalah si kucing berbulu dasar putih bertotol coklat dan berekor pendek yang sangat menyukai makan hingga akhirnya kini ia menggendut.

Mengingat dari video prolog sebelumnya, saya telah memperkenalkan Pussy kucing yang kurawat sejak kecil. Dialah induk dari kedua anak kucing ini. Rumah semakin ramai dan tentunya tanggung jawab semakin besar. Tapi itu semua terbayar dengan melihat mereka dapat tumbuh dengan baik dan sehat. Dua kucing kecil yang dulunya penakut dan melihat dunia begitu besar untuknya, kini mereka tumbuh menjadi kucing pemberani yang selalu penasaran terhadap hal baru.

Segala hal yang tampak baru, mungkin awalnya terlihat menakutkan. Namun, kita hanya perlu memberanikan diri untuk menyentuhnya dan berkenalan terhadap hal baru itu. Tapi seiring berjalan waktu, hal itu akan menjadi biasa. Itu adalah bagian kecil pembelajaran yang saya dapatkan dari tingkah laku anak kucing yang rapuh dan khawatir terhadap dunia. Dunia memang terlihat besar, tapi ada hal yang lebih penting yaitu membesarkan hati kita agar dapat menaklukkan dunia. Berani bukan berarti tidak takut melainkan melawan rasa takut untuk dapat melangkah dengan percaya diri.

CAT STORY: Tentang Cerita Kucingku

Awalnya tak pernah berniat sedikitpun untuk memelihara kucing. Hingga suatu hari datang kucing kampung, ya sebut saja kucing lokal biar kerenan dikit. Dia datang bersama seekor anaknya yang lucu. Beberapa lama kemudian si induk kucing tersebut meninggalkan anaknya di depan rumahku. Aku yang merasa kasihan, sesekali memberinya makan sisa makananku. Hingga akhirnya aku meniatkan membeli makanan kucing untuk dia makan.

Singkat cerita, aku memelihara anak kucing tersebut yang kuberi nama Pussy (betapa kreatifnya aku memberi nama kan?! haha). Waktu berlalu kucing tersebut sudah bertumbuh besar. Handphoneku dipenuhi oleh foto dan videonya, bahkan lebih banyak fotonya dibandingkan fotoku. Aku menyayanginya. Hingga suatu hari ia hamil dan melahirkan anak kucing yang lucu-lucu.

Berawal dari sana, aku berniat membuat content ini yang kuberi nama “Cat Story“. Merupakan cerita tentang kisah lucu mereka yang mewarnai hidupku. Kadang kesel tapi juga membawa senyum. Ini baru permulaan, selanjutnya aku ingin membagi cerita kucingku kepada kalian semua. Silakan ditonton cerita mereka di akun youtube NEZAR Productions.

Berburu Buku Murah di Big Bad Wolf

Big Bad Wolf (BBW), pameran buku internasional kembali digelar di Indonesia. Kali ini mereka menyelenggarakannya di ICE BSD City, Tangerang. Resmi dibuka mulai tanggal 29 Maret 2018, BBW akan berlangsung selama 12 hari nonstop selama 280 jam dan akan berakhir pada tanggal 9 April 2018. Sebagai informasi, tahun ini merupakan kali ketiga mereka mengadakannya di Indonesia setelah tahun 2016 dan 2017 silam lumayan sukses menjaring pengunjung. Big Bad Wolf sendiri merupakan pameran buku internasional yang pertama kali diadakan di Kuala Lumpur pada tahun 2009. Berawal dari sebuah event obral cuci gudang dari berbagai jenis buku yang paling laku dan buku anak-anak hingga buku yang langka.

Akses transportasi kesana pun cukup mudah, kita bisa menggunakan kereta api antar-kota kemudian turun di stasiun Rawa Buntu. Waktu itu saya sempat salah turun di stasiun Serpong, dan akhirnya saya harus naik taksi online karena sudah terlanjur beli tiket kereta yang turun disana. Maka dari itu saya sarankan, lebih baik turun di Rawa Buntu, karena disana sudah disediakan bus gratis menuju ke venue tempat diselenggarakannya pameran buku.

Saat itu saya pergi tanggal 31 Maret 2018, bertepatan pada hari libur nasional, pengunjungnya lumayan ramai. Ruangannya luas sekali, seharian mengelilinginya saya rasa kurang puas. Buku yang dijual juga banyak sekali, kabarnya mereka menyediakan sekitar 5,5 juta buku. Semua bukunya terdiri dari buku impor berbahasa Inggris, buku lokal dengan bahasa Indonesia dari 10 penerbit lokal, serta buku dengan Bahasa Mandarin. Bahkan buku anak pun ada. Jika dihitung persentasinya sekitar 70-80% yang berbahasa Inggris, 1% berbahasa Mandarin dan sisanya yang bahasa Indonesia.

Sementara untuk harga, buku impor dihadirkan berkisar Rp 25,000 – Rp 350,000 setelah diskon, sedangkan buku lokal mulai dari Rp 4,000 – Rp 90,000. Namun untuk buku-buku edisi khusus ditawarkan dengan harga yang berbeda, seperti misalnya buku Star Wars yang harganya sekitar Rp 2 juta. Beberapa buku khusus ini berisi konten tentang arsitektur, biografi, komunikasi, desain grafis, dan lainnya.

Di dalam ruangan pameran, mereka juga menyediakan sudut khusu untuk menjual makanan dan minuman. Sehingga penunjung yang merasa kelelahan berkeliling tidak perlu pergi keluar untuk makan dan minum. Bukunya banyak, suasananya juga menyenangkan, petugasnya juga cukup ramah, overall pengalaman yang menyenangkan. Walau antri bayar ke kasirnya harus melalui antrian yang sangat panjang tapi menurut saya itu sudah cukup teratur.

IMG20180330142811

Event Big Bad Wolf Sale Book masih dibuka sampai tanggal 9 April nanti. Bagi anda para pecinta buku jangan melewatkan event ini karena semua buku dijual jauh lebih murah dari buku aslinya. Walaupun post ini sudah lumayan terlambat karena berbagai kesibukan tapi tetap sempatkan datang ke pameran buku ini. Masih ada beberapa hari tersisa sebelum event ini akan habis. Bahkan kabarnya mereka menambahkan stok buku buru. Ayo jangan lewatkan.

Mengapa Bangau Tak Bisa Terbang

Pada zaman dahulu kala, burung bangau dapat terbang tinggi. Namun karena dapat terbang dengan indah, ia menjadi sombong dan egois. Bangau merasa bangga pada dirinya sendiri yang cantik, anggun dan rupawan dengan bulunya yang putih bersih. Ia bersahabat dengan kepiting kolam air tawar.

Suatu waktu Bangau yang sedang terbang merasa kelaparan karena belum makan. Tak sengaja dari kejauhan, ia melihat sebuah kolam ai tawar. Lantas ia segera pergi kesana untuk mencari ikan sebagai santapan siangnya.  Sampai disana tak sengaja ia bertemu dengan kepiting, sahabatnya.

“Hai Bangau,” sapa Kepiting lebih dulu.

“Hai Kepiting, sedang apa kau disini,” tanya Bangau.

stork

“Aku sekarang tinggal di kolam ini, Bangau. Biarpun kolam ini kecil, aku senang -tinggal disini karena disini banyak ikan-ikan temanku. Jadi aku tak pernah merasa kesepian. Mereka sangat baik,” jawab Kepiting. Mendengar itu, otak licik Bangau muncul untuk mengerjai kepiting.

“Eh kepiting tahukah kau di atas bukit sana ada kolam yang lebih indah daripada disini”, cerita Bangau. “Kolam disana terdapat air terjun yang indah dan airnya juga sangat jernih hingga kau dapat bercermin di airnya.”

“Benarkah bangau?”, tanya Kepiting antusias.

“Iya kepiting, aku bisa mengantarmu kesana jika kau mau”, ujar Bangau menawarkan bantuan.

“Tapi aku tak bisa meninggalkan sahabatku, ikan-ikan disini. Lagipula aku senang tinggal disini. Sudahlah tak apa,” jawab Kepiting lagi.

“Jangan khawatir, Aku bisa membantu teman-teman ikanmu untuk pindah kesana. Mereka bisa naik ke dalam paruhku dan akan kubawa mereka terbang kesana”, ujar Bangau dengan rencana liciknya.

“Benarkah bangau? Kau mau melakukannya. Ah kau baik sekali”, puji Kepiting.

“Ah bukan apa-apa, kita kan teman”, jawab Bangau lagi.

“Baiklah kalau begitu, aku mau. Tolong antar teman-temanku lebih dahulu. Setelah itu baru kau antar aku kesana,” ucap Kepiting.

Akhirnya Bangau membantu ikan-ikan pindah ke kolam baru. Sedikit demi sedikit ikan-ikan dinaikkan ke dalam paruh Bangau. Bangau mulai dengan membawa lima ikan di dalam paruhnya yang berisi air agar ikan-ikan dapat bernafas. Lalu pergilah Bangau pergi ke kolam indah yang ia ceritakan pada Kepiting tadi.

“Baiklah, hati-hati ya Bangau.”, ucap Kepiting sambil melambaikan capitnya ke arah Bangau yang terbang menjauh mengantar ikan-ikan.

Tak berapa lama, Bangau kembali lagi dengan paruhnya yang sudah kosong bercerita bahwa ia sudah memindahkan lima ikan tersebut ke kolam yang baru. Kemudian Bangau kembali mengisi paruhnya dengan tumpangan ikan-ikan selanjutnya. Begitu seterusnya hingga pada ikan-ikan yang terakhir.

“Ini yang terakhir, Bangau. Selanjutnya kau bawa aku kesana. Hati-hatilah”, ujar Kepiting.

“Tenang saja Kepiting, mereka pasti akan sampai dengan selamat.”, ujar Bangau kemudian.

Tak berapa lama setelah bangau pergi mengantar ikan-ikan terakhir di paruhnya, Kancil melewati kolam tempat kepiting tinggal. Lalu Kancil menyapa Kepiting.

“Hai kepiting, apa kabar?,” sapa Kancil.

“Hai juga Kancil, kabarku baik,” jawab Kepiting. “Aku berencana akan pindah dari kolam ini. Bangau membantu aku dan ikan-ikan pindah ke kolam disana yang lebih indah,” cerita Kepiting.

Kancil tampak heran karena dalam perjalannya ia sempat bertemu dengan Bangau. “Bangau? Tapi sejak tadi aku lihat Bangau sedang asik makan ikan disana,” Kancil keheranan. “Malah sampah-sampah tulang ikan bekas makannya tak dibersihkannya.

Rupanya ikan-ikan teman kepiting yang hendak dibawa pindah ke kolam lain disantap dengan rakusnya oleh Bangau. Bangau berbohong pada Kepiting sahabatnya sendiri. Mendengar ucapan Kancil tersebut, Kepiting marah besar. Ia ingin membuat perhitungan dengan Bangau yang telah berbohong kepadanya.

Kemudian tampak kedatangan Bangau terbang menghampiri Kepiting tanpa rasa berdosa. Bangau tidak mengetahui bahwa Kepiting sudah mengetahui perbuatan jahatnya yang telah memakan ikan-ikan teman Kepiting. Lantas ketika Bangau turun ke daratan, tanpa basa basi Kepiting langsung menyerang Bangau dengan capitnya. Bangau kesakitan, ia ingin segera terbang pergi tetapi Kepiting dengan buas menyerang sayap Bangau hingga ia tak mampu terbang lagi. Bangau hanya dapat meminta ampun atas perbuatannya.

Bangau memahami atas sikap Kepiting yang marah terhadapnya. Ia telah merusak kepercayaan yang telah diberikan Kepiting kepadanya. Bangau menyesal telah berbuat jahat pada Kepiting, ia berjanji tidak akan melakukannya lagi. Namun Kepiting sudah terlanjur marah dan persahabatan mereka telah dirusak oleh perbuatan Bangau. Alhasil Bangau tak lagi dapat terbang dan hanya dapat berjalan di sekitaran air sambil mencari ikan. Sejak saat itulah seluruh keturunan Bangau tak dapat terbang seperti burung bangau yang dapat kita lihat sekarang.

Nezar Ray | 24/09/2017

IT (2017): Teror Si Badut Penari

film-it-2017-11

Sudah lumayan lama nonton trailer “IT” sejak lama, ketika tau bahwa film tersebut sudah tayang di bioskop saya langsung berencana menontonnya. Kebetulan saya memang termasuk penyuka film bergenre horror, jadi langsung saja saya pergi menontonnya bersama adik. Sekalian ingin mencoba bioskop yang kabarnya baru dibuka sejak tanggal 8 September lalu di Grand Paragon, sekitar daerah Gajahmada. Jadi wajar saja jika harga tiketnya murah, mungkin karena masih promosi. Saat itu harga tiketnya hanya 25k untuk Senin-Kamis, 30k untuk Jum’at dan 35k untuk weekend dan hari libur. Kebetulan Saya pergi menonton di hari Sabtu jadi harga tiketnya hanya 35k. Lumayan jadi bisa lebih hemat.

Film IT merupakan adaptasi novel karangan Stephen King yang rilis di tahun 1986. Sukses novelnya mendapat banyak tanggapan positif hingga pada tahun 1990 dibuatkan miniseries yang diperankan aktor/aktris terkenal pada masanya. Miniseries  ini memiliki durasi yang cukup panjang yaitu sekitar 3 jam lebih, sementara untuk yang versi 2017 ini kabarnya akan dibuat menjadi 2 bagian. Jadi film IT yang tayang sekarang ini adalah bagian pertamanya dan masih akan ada kelanjutannya di bagian kedua. IT disutradarai oleh Andres Muschietti dan diproduksi oleh Warnes Bros Pictures. Juga dibintangi oleh Bill Skarsgard, Jaeden Lieberhen, Jack Dylan, Sophia Lilis dan aktor lainnya yang masih banyak lagi.

IT-2017-pf-4

Cerita berawal dari seorang anak kecil bernama Georgie Denbrough yang hilang secara misterius setelah pergi bermain dengan perahu kertasnya di saat hujan. Setelah hilangnya Georgie, muncul banyak berita anak hilang yang tak diketahui keberadaannya seperti sebuah teror. Namun hingga satu tahun berlalu kasus anak hilang tersebut tidak pernah terpecahkan dan tidak diketahui siapa pelakunya. Bill Denbrough, kakak dari Georgie yang merasa kehilangan atas adiknya, berusaha mencari tahu penyebab hilang adiknya tersebut.

Bill tidak sendirian, ia dibantu oleh teman-temannya untuk menyelidiki kasus tersebut. Mereka menamai kelompoknya dengan “Losers Club” karena mereka selalu menjadi korban bully dari anak-anak yang lebih kuat dari mereka. Penyelidikan mereka mendapatkan jawaban. Mereka akhirnya mengetahui dalang hilangnya anak-anak di kota Derry yaitu seorang badut jahat bernama Pennywise. Namun dalam pengejarannya tersebut, justru malah mereka yang menjadi sasaran teror dari badut tersebut.

Pennywise diceritakan sebagai iblis jahat yang suka memakan anak-anak. Ia sering merubah bentuknya menjadi sosok yang ditakuti oleh korbannya. Namun ia lebih banyak muncul dengan wujud badut bernama Pennywise si badut penari. Karena dengan wujud seperti badut itu, ia dengan mudah mendekati korbannya yang masih anak-anak.

Filmnya menarik ditonton, baik dari segi cerita maupun visual horornya yang menakutkan. Penonton diajak masuk ke dalam atmosfir seram dan menakutkan oleh badut jahat. Berkali-kali saya dibuat kaget oleh kemunculan sosok hantu yang datang secara tiba-tiba. Selain itu juga terkandung pesan-pesan kehidupan di dalamnya, sehingga kita tidak hanya dibuat takut saja oleh filmnya. Untuk pecinta film horor wajib menonton film horror yang satu ini. Film IT masih tayang di bioskop-bioskop kesayangan anda. Ajak teman atau keluarga anda agar semakin seru teriak ramai-ramai. Selamat menyaksikan dan bersiaplah dibuat takut.

Nezar Ray | 23/09/2017

Pergi Sisakan Luka

Kenangan menyisakan luka
Mengenangmu jadikan perih
Alasanmu bualan hampa
Tanganku tak disambut, kau pergi

Benci dengan semua tentangmu
Benci dengan hadirmu yang lalu
Harapan hanya ada di angan-angan
Kebodohan menguasaimu, tak peduli aku

Jika waktu dapat kuputar ulang
Takkan kulakukan karena akhir akan sama
Kerasnya hatimu takkan melunak
Pikiranmu juga tak akan sama denganku

Kau memilih sembunyi, hindari kehangatan
Bertemankan gelap, menjauh dariku
Lupakan kenangan seolah tak ada
Sisakan tanda tanya, lalu pergi

Nezar Ray | 27/08/2017

Luka Terpendam

alone-boy-sad-broken-heart-lonely

Hadirmu berulang kali datang dalam mimpiku. Isyarat rindu atas hadirmu juga tawamu, ingin berbagi cerita denganmu. Berhari-hari tak ku dapatkan kabarmu, kau menghilang seperti asap. Kenangan hilir mudik sesukanya dalam pikiranku, sebagian besar tentang kau. Tapi kau terlalu tega hilang kabar, tak tersentuh. Kau sembunyi, menghindariku menutup komunikasi dariku. Alasanmu masih tak dapat kumengerti, pikirku itu bagai bualan kosong agar kau dapat pergi.

Kau sempat kembali padaku, membuatku tenang bahwa kau baik-baik saja. Tapi itu hanya harapan palsu. Kau tega melakukannya menambah sakit semakin parah. Kau bilang tidak apa-apa, tapi hatimu berkata lain. Aku benci saat kau berbohong. Bagaikan aku bicara dengan dinding kosong, tapi bahkan dinding itu pun juga hanya ilusi. Kau hadirkan harapan yang tak nyata, membiarkan aku percaya. Lalu kau perlahan menghilang diam-diam seolah tak terjadi apa-apa.

Meskipun sebenarnya aku tahu, itu sebab luka lama yang kau pendam. Luka yang tak pernah ingin kau bicarakan. Luka yang tak pernah kau obati dan kau sembunyikan dariku. Pada akhirnya luka itu semakin menyakitkanmu tapi aku tak dapat berbuat apapun karena aku tak mengetahui keberadaan luka itu. Seandainya luka itu kau beritahu padaku mungkin cerita akan berbeda. Paling tidak aku tahu sebabnya, tidak seperti sekarang. Aku sendiri tenggelam dalam tanya. Segala pertanyaan yang dulu tak kau jawab itu menguasaiku. Menjadikan alasanku untuk membencimu. Rindu itu telah berubah menjadi benci berkat kau yang lebih suka sembunyi. Tertawalah jika itu memang tujuanmu sejak awal, karena aku juga akan mulai melupakanmu, menghapusmu dari pikiranku.

Nezar Ray | 22/08/2017

Memilih Berdamai

berjabat_tangan_wanita

Langit kelabu, petir saling bergemuruh. Emosi jiwa tak tertahankan ingin meluap. Rasa benci terlempar dengan begitu mudahnya. Kecewa merasuk di jiwa namun rasa bangga dan terimakasih juga menjalar ke seluruh tubuh. Ingin rasa mengucap bangga atas hasil kerja keras yang beliau kerjakan selama ini. Ingin berterimakasih padanya. Namun hati juga kecewa atas ucapannya yang menyakiti hati golongan tertentu. Saya berada pada titik tengah antara rasa kemanusiaan dan rasa ingin bela keyakinan.

Palu telah diketuk pertanda vonis telah dijatuhkan. Sang tersangka pun harus siap masuk jeruji besi dua tahun lamanya. Rakyat terbelah antara yang membela dan yang menyudutkan. Saya setengah hati. Merasa sedih akan dia, tapi pada saat yang bersamaan juga kecewa akan ucapannya yang lalu. Meski maaf telah terucap, hukuman tetap bergulir dan ia harus menerimanya sebagai konsekuensi atas perbuatan dan ucapannya.

Tak penting bagaimana pendapat saya. Saya tetap menghargainya sebagai manusia, terlepas dari ucapannya yang menyakiti hati. Saya hanya manusia biasa tempatnya banyak dosa, saya tak mampu menghakiminya. Juga tak baik menyebarkan kebencian. Saya menghargainya sebagai manusia yang memiliki banyak nilai-nilai kebaikan dalam dirinya. Yang bahkan saya pun sebagai manusia masih belum siap memiliki nilai-nilai tersebut.

Menurut saya, apakah dia etnis Cina, India, Papua, Negro, Jawa, Sunda, atau Manado kah. Bagi saya, manusia tetaplah manusia. Sepanjang ia bernafas menghirup oksigen dan mengeluarkan karbondioksida. Sepanjang ia memiliki dua mata, satu hidung dan satu mulut. Sepanjang ia memiliki postur layaknya manusia. Saya akan tetap menghargainya sebagai manusia. Karena saya tinggal di planet bumi dengan mayoritas makhluk hidup adalah spesies manusia.

Hal yang membedakan manusia dengan manusia lainnya adalah pola pikir, amal, dan perilakunya. Juga rasa kemanusiaan antar sesama makhluk hidup. Kita tahu bersama kita tak bisa memilih ingin dilahirkan menjadi etnis apa atau warna kulit apa. Memusuhi orang lain hanya karena etnis dia berbeda dengan kita adalah suatu pemikiran sempit. Sama halnya seperti menyia-nyiakan anugerah (akal pikir) yang telah diberikan Allah kepada kita para manusia. Jangan jadikan perbedaan sebagai alasan untuk bertikai, karena pertikaian dan perdebatan hanya akan membuahkan kebencian.

Hindari perdebatan, terima perbedaan dengan lapang, jauhi rasa benci dan permusuhan. Jangan isi waktu dengan kegiatan yang mengundang dosa. Jangan tebarkan kebencian, karena kita hidup berdampingan. Manusia adalah makhluk sosial, saling bergantung dengan manusia lainnya. Bersahabat dengan kebencian hanyalah perbuatan yang sia-sia. Saya lebih memilih berdamai untuk hidup lebih nyaman.

Nezar Ray | 10/05/2017